Sabtu, 23 Mei 2015

Soto Manggala



Soto adalah menu sarapan paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki menu soto dalam list kulinernya. Dengan cita rasa yang unik, Pangkalan Bun pun punya menu soto yang dikenal dengan Soto Manggala. Apa itu Soto Manggala? tentu soto yang satu ini cukup asing buat kamu. Manggala merupakan ketela atau singkong. Bahan dasar dari Soto Manggala adalah singkong yang digunakan sebagai pengganti nasi atau ketupat. Singkong yang digunakan pun harus singkong yang empuk. Pertama singkong dipotong dan direbus setengah matang dahulu, kemudian dicampur dengan ceker atau sayap ayam dan bumbu. Biasanya Soto Manggala disajikan dengan tambahan soon, potongan wortel, serta taburan seledri, bawang goreng dan kerupuk.

Menikmati soto dengan singkong memang cukup unik, rasanya gurih dan sedikit manis. Berhubung aku ga suka ceker jadi milihnya pake sayap aja,hehe.. Sayap ayamnya sangat lunak, baru digigit sedikit daging sudah lepas dari tulangnya. Kalau mau digambarkan rasanya hampir mirip seperti menikmati sop ayam "ala rumahan" dengan kentang, bedanya kalau Soto Manggala kuahnya lebih kental. Soto Manggala ini akan lebih nikmat sambil ditemani dengan gorengan seperti tempe, bakwan, tahu isi. 
Kalau kamu lagi berkunjung ke kota Pangkalan Bun gak perlu khawatir, karena cukup banyak pedagang yang menyajikan soto khas kota Pangkalan Bun ini. Salah satu tempat yang cukup ramai oleh pengunjung berada tepat di seberang Gedung Bakuba. Seporsi Soto Manggala dibandrol dengan harga yang cukup murah. Hanya dengan Rp.10.000 kamu sudah bisa menikmati seporsi Soto Manggala dengan teh manis. Kalau tambah gorengan harganya beda yah, tergantung seberapa banyak gorengan yang kamu ambil..hehehe =)



2 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Kalau aku lebih suka soto kentang . :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus