Minggu, 13 Mei 2012

Sop Empal Bu Haryoko

Di saat cuaca yang galau kaya begini, kadang hari ini hujan besok gak hujan besoknya mungkin hujan lagi mungkin gak.. hmmm.. yah daripada mikirin hujan yuk melipir sedikit ke utara kota Jogja, tepatnya di Muntilan terdapat sebuah warung yang punya menu andalan sop empal.. Udah dari beberapa waktu lalu denger warung yang satu ini, tapi belum sempet melipir ke sana. Di sela pusing dengan skripsi akhirnya jalan-jalan sebentar ke tempat-tempat yang agak jauhan sedikit deh.. Awalnya mau mampir dulu ke brongkos warung ijo, tapi karena udah sering ke sana jadi lebih milih kuliner yang belum pernah dicoba aja..
Nah, memasuki kota Muntilan, kita pasti akan menemukan sebuah klenteng di kanan jalan, di sebelahnya ada jalan kecil, jalan Veteran. Kalau malam hari cukup banyak sekali orang yang berjualan makanan di jalan ini. Di jalan ini juga kita akan menemukan sebuah warung yang terkenal kelezatannya selama tiga generasi.
Menu yang ditawarkan di warung ini sebenarnya simpel, yaitu sop empal! Nasi dengan kuah sop kemudian dengan bihun dan potongan kubis dengan taburan bawang goreng, untuk lauknya seporsi empal yang sudah dimasak dengan bumbu khas. 
sop empal
Kalau untuk sop-nya yah standar aja rasanya, kayak sop lainnya kuahnya rasa kaldu. Mungkin untuk empalnya yang memang spesial, rasanya gurih dan manis dari campuran gula merah kemudian rasa dari bumbu-bumbu khas. Dagingnya sangat empuk sekali. Menurut artikel yang aku baca dalam tulisan Regina Rukmorini-kompas.com, empal disini dimasak sehari sebelumnya, agar bumbunya meresap, bumbu dimasak dengan tungku berbahan bakar arang, baru setelahnya potongan daging digoreng dengan kompor biasa. Selain empal, katanya disini juga menyediakan lidah dan paru sapi tapi berhubung aku gak suka jadi emang gak pesan. :D Menikmati sop empal ini lebih nikmat kalau diberi sedikit sambelnya dan sedikit kecap..nyamm~



Sop Empal Bu Haryoko
Jl. Veteran no. 9
Muntilan, Jawa Tengah
Buka 10 pagi - 5 sore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar