Minggu, 12 Juni 2016

Pondok Ale-Ale

Pontianak.. salah satu kota kuliner terbaik yang mana hampir semua makanan yang dijajakan endessss~ Jalan Gajah Mada merupakan surga bagi pecinta kuliner, namun tempat yang aku kunjungi kali ini berada agak jauh sedikit dari seputara Jalan Gajah Mada. Bermodalkan aplikasi Maps di handphone kami menuju Pondok Ale-Ale yang sebenarnya di mall-nya Pontianak pun juga membuka gerai.Hahaha.. Oke, berhubung perut sudah sangat lapar kami pun memesan makanan. Salah satu menu wajib harus kamu coba adalah Ale-Ale, sesuai dengan nama dari rumah makan yang satu ini. Ale-Ale masih masuk keluarga kerang, lebih tepatnya kerang khas Kalimantan Barat. Berdasarkan rekomendasi dari karyawannya, Ale-Ale Mercon menjadi menu favorit disini.


Nah, ini dia penampakan si Ale-Ale.. kerang kecil yang bersembunyi didalam cangkangnya. Sebagai pelengkap makan malam kami menu ini memang recommended banget. Kuahnya yang super pedas bikin keringatan bercucuran. Kombinasi manis pedas dan asam bener-bener cocok dan pastinya buat badan menjadi seger setelah mandi keringat.


Menu kedua yang kami pesan, Patin Asam Pedas. Ikan Patin memang paling pas dimasak kuah seperti ini, apalagi dibalut dengan bumbu asam pedas khas Pontianak. Kalau kamu gak suka terlalu pedas boleh kok request tingkat kepedasannya. Sekilas mungkin mirip dengan bumbu gulai tapi rasanya sih beda dengan kuah gulai. Rasa asam disini didapatkan dari potongan buah belimbing wuluh..nyummm seger banget emang..


Sebagai pelengkap kamu bisa pesan Sambal Teri dan Tumis Pakis. Sambal Teri disini gak digoreng, jadi masih segar apalagi dicampur perasan jeruk sonkit (jeruk mini) dan ulekan bawang merah dan cabe rawit. Satu lagi tanaman yang hidup liar di daratan Kalimantan adalah Pakis atau beberapa menyebutnya Kalakai/Kelakai. Ini memang salah satu sayur favorit aku, ditumis dengan bawang dan rawit aja sudah endess apalagi dicampur terasi..blaaahhh.. *langsung lapar*


Menu lain yang kami pesan adalah Ikan Patin dan Kakap Bakar, namun menu ini biasa aja karena yang kami pesan Ikan Bakar Kecap. Overall puas makan disini. Perjalanan ke Pontinak memang gak pernah cukup kalau cuma satu dua hari aja, mungkin mesti spare waktu seminggu khusus buat kuliner. Belum lagi jajanannya, uhh dijamin blenger. Siap-siap berhadapan dengan timbangan ke kanan aja ya pulang dari Pontianak.


1 komentar: