Minggu, 29 Mei 2016

Last Day in Kuching, Serawak, Malaysia


Good morning from Kuching^^ masih disini untuk menikmati libur long weekend. Abaikan sarapan di hotel, pagi ini kami akan pergi ke china town untuk mencicipi Kolok Mee yang cukup terkenal di Kota Kuching. People said, if you're going to Kuching don't forget to try Kolok Mee. Kolok mee merupakan makanan khas dari Serawak selain Laksa. Yeah, sebelum memulai jalan-jalan hari ini kami akan mengisi amunisi terlebih dahulu supaya kuat.

Memasuki Jalan Carpenter atau lebih dikenal dengan China Town-nya Kuching kamu akan menemukan banyak kedai makan yang tentunya menyajikan menu non-halal alias all about pork. Nom nom.. Kedai makan yang aku pilih adalah Kim Joo yang menyajikan menu spesial Kolok Mee. Aroma yang sangat menggugah selera dari kedai makan ini membuat perut terasa lapar. Menu yang kami pesan beragam mulai dari nasi goreng, nasi capcay dan omelet. Namun karena yang spesial disini adalah Kolok Mee tentu aku memesan Kolok Mee. 


Tak lama menunggu, Kolok Mee pesananku pun datang. Sekilas mirip Mie Yamin yang ada di Indonesia namun tekstur gak selembut mie yamin. Tanpa diberi bumbu atau kecap mie ini sudah memiliki rasa gurih jadi memang enak langsung dimakan tanpa perlu diberi kecap, saos maupun sambal. Topping-nya cukup beragam, mulai dari potongan daging ayam, babi, bakso ikan dan daging ditemani semangkup sup dengan tauge. Harga seporsi Kolok Mee RM 5. Oh iya, Nasi Goreng disini rasanya boleh juga lho..
Perut kenyang hati pun senang! Kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju Malay Kampung yang berada diseberang. Menyebrang kesana kurang lebih 5 menit saja menggunakan kapal (RM 1/orang). 


Malay Kampung terkenal dengan Kek Lapis yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Sesampai disana kami langsung menuju ke pusat pembuatan Kek Lapir, Mira Cake House. Disini kamu bisa melihat langsung pembuatan kek lapis dan yang gak kalah seru kamu bisa mencoba aneka kek lapis yang ada disini secara gratis!Hehe.. 


Terdapat sangat banyak aneka rasa dari kek lapis yang ada disini, mulai dari yang klasik sampai yang paling moderen. Kek lapis yang menjadi favoritku disini adalah Belacan yang memiliki rasa coklat dan Lumut yang beraroma pandan. Kalau kamu mau kek lapis yang kekinian bisa coba kek lapis Cadburry. Hampir disetiap lapisnya terdapat potongan coklat Cadburry. Harga dari kek lapis disini berkisar dari RM 10-35.


Tips dari aku, kalau mau mengunjungi Malay Kampung sebaiknya pagi hari atau sore hari aja. Kalau siang yang pasti panasnya ampun-ampunan deh gak bohong haha, selain itu kamu bakal ngantri panjang untuk naik kapal karena harus bergantian dengan anak-anak sekolah yang baru pulang. Oke, berhubung panas disini cukup terik aku kasih bonus terakhir Es Krim Kit Kat Green Tea yang super hits yaa.. Sedih di Indonesia belum ada yang jual! Padahal di Kuching bisa ditemukan dengan mudah di gerai Sevel aja.. Rasa green teanya bener-bener endesss dan kamu bakal nemunin sepotong wafer coklat KitKat di dalamnya..So Yummyy... 


See you again, Kuching... :)


1 komentar: